Ingin Mengirim Uang ke Luar Negeri? Perhatikan Ini Dulu!

Tidak hanya sebatas transaksi domestik, tetapi juga transaksi keuangan antar negara. Inilah yang membuat peredaran uang berjalan begitu cepat.

Apalagi saat ini masyarakat dimudahkan dengan berbagai penyedia jasa pengiriman uang di luar negeri. Sebut saja Western Union, layanan transfer uang internasional dan domestik paling terkenal di dunia.

Nah, sebelum kamu Kirim paket ke taiwan, perhatikan hal berikut.

Rekam jejak pengiriman uang harus jelas

Pengiriman uang internasional melibatkan beberapa pihak, seperti bank dan pihak pengiriman uang. Apalagi jika ingin mengirim uang dalam jumlah besar hingga ratusan bahkan milyaran rupiah. Biasanya kedua belah pihak akan menolak pengiriman jika asal dan tujuannya tidak jelas.

Misalnya, jika Anda seorang pengusaha dan berdomisili di Jakarta, maka Anda ingin mengirim Rp. 10 juta untuk mitra bisnis. Keesokan harinya, Anda melakukan kiriman lagi dengan jumlah yang sangat besar yaitu Rp 15 Miliar.

Selisih nominal yang terlalu jauh tentu menimbulkan kecurigaan dari pengiriman uang tersebut. Demi keamanan Anda, Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan oleh bagian pengiriman uang mengenai asal uang dan tujuan pengirimannya.

Pengawasan ini penting untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencucian uang. Oleh karena itu, sebelum mengirim uang ke luar negeri, pastikan Anda benar-benar mengetahui tujuan dan asal uang tersebut.

Perhatikan biaya pengiriman uang ke luar negeri

Pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri tidak dibatasi jumlahnya. Sebab, Indonesia masih menganut sistem devisa bebas. Makanya, kamu bisa kirim uang ke luar negeri dengan nominal hingga milyaran rupiah. Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan berapa besar biaya pengirimannya.

Tentu saja pengiriman uang ke luar negeri tidaklah gratis karena ada biaya pengiriman yang masih harus Anda tanggung. Biayanya tidak murah, tergantung jumlah uang yang Anda transfer ke luar negeri. Terkadang biaya dihitung sebagai persentase atau biaya tetap.

Mungkin ini terdengar sepele, namun jika Anda mengirimkannya dalam jumlah banyak dan berulang-ulang tentu akan berpengaruh pada biaya pengeluaran. Oleh karena itu, sebelum mengirim uang ke luar negeri, usahakan untuk mencari penyedia jasa pengiriman yang memberikan biaya pengiriman lebih murah.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label